Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

Image Widget

Image Widget

Pembuat Game Developer

Kamis, 31 Desember 2015

Game adalah sebuah software yang sebernarnya memiliki tujuan utama untuk mengisi aktivitas jika kita membutuhkan banyak hiburan agar kita tidak mengalami stress dalam menghadapi kehidupan yang keras pada zaman ini. Namun bagi sebagian orang, game juga bisa menjadi bagian dari hidupnya. Orang-orang ini sering di sebut juga gemahollic atau game freak. Namun, ada juga sebagian dari orang berpikir bahwa game adalah suatu ide yang akan mendatangkan keuntungan yang sangat bejibun pada zaman ini. Kumpulan orang ini biasa di sebut dengan game developer, yang bekerja di bidang game developing.
Oleh karena pembuatan suatu game itu pastinya tidak semudah seperti kita masak air, maka dibutuhkan suatu team yang memiliki visi dan misi sama dalam hal pembuatan game itu sendiri. Pada suatu team game developer, pasti memiliki bagian-bagian atau divisi dimana divisi itu diisi oleh orang yang memiliki keahlian khusu di bidangnya. Ada beberapa divisi yang terdapat dalam suatu team pembuat game ini. Di antaranya :
Team Leader
Bagian ini biasanya hanya disi oleh satu orang saja dimana orang tersebut memiliki tugas yang paling penting dimana orang tersebut bertugas untuk memimpin team dalam pembuatan game agar tetap kompak dan sesuai dengan konsep yang sudah direncanakan sebelumnya.
Game Designer
Seperti kita ketahui dari arti nama divisinya, orang-orang yang bekerja di divisi ini bertugas untuk mendesign suatu game, termasuk didalamnya seperti menentukan alur, tipe, dan tampilan yang game itu seperti apa. Biasanya mereka mendesign game tersebut secara berkelompok.
Producer
Orang-orang yang bekerja pada divisi ini mempunyai tugas untuk mengarahkan bentuk dari game menjadi seperti apa yang diinginkan sebelumnya sesuai dengan hasil yang sudah disetujui oleh pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan game tersebut.
Programmer
Divisi ini diisi oleh orang-orang super yang pandai dalam membuat suatu source code yang memiliki fungsi yang sangat penting dalam suatu pembuatan game. Pada bagian inilah sang “game maker” akan bekerja secara kompak untuk membuat sebuah game yang diinginkan. Mereka akan bekerja keras untuk mendapatkan game seperti yang diinginkan sebelumnya, namun sayang Game Programmer di Indonesia masih sedikit sekali.
Artist
Orang yang berkerja pada divisi ini memiliki tugas untuk membuat sebuah tampilan atau bentuk dari suatu character yang nantunya akan digunakan pada game yang akan dibuat.
Composer (Music Editor)
Orang yang bekerja pada divisi ini memiliki tugas untuk menyisipkan suatu sound effect yang nantinya akan membuat suatu suasana dari game itu menjadi lebih real, karena dengan penggunaan dan penempatan suara yang pas dapat membuat game menjadi jauh lebih menarik.
Script And Text Editor
Pada divisi ini, team akan memiliki tugas untuk membuat suatu scenario dari game yang diinginkan. Skrip-skrip tersebut nantinya akan dibaca oleh sang game artist untuk dijadikan gambaran dasar pembuatan suatu character yang cocok dengan skrip yang telah dibuat.
Cinematic
Pada divisi ini, orang-orang pada bidang cinematic ini akan membuat game yang lebih menarik dalam segi alur, tampilan, maupun konsep-konsep lainnya agar lebih nyaman ketika dimainkan.

Game Developer

Game Developer adalah Bisnis di mana Developer tersebut akan menciptakan dan atau mengembangkan sebuah game, yang kemudian game tersebut dijual melalui internet atau dijual secara langsung dengan CD atau DVD. Game yang diciptakan juga bisa menjadi tempat untuk menyediakan jasa iklan. Dalam Game Developer, beberapa posisi penting yang dibutuhkan adalah, Produser, Game Designer, Programmer, Artist (2D/ 3D tergantung jenis game), dan Sound Engineer.
Game Developer adalah Bisnis di mana Developer tersebut akan menciptakan dan atau mengembangkan sebuah game, yang kemudian game tersebut dijual melalui internet atau dijual secara langsung dengan CD atau DVD. Game yang diciptakan juga bisa menjadi tempat untuk menyediakan jasa iklan. Dalam Game Developer, beberapa posisi penting yang dibutuhkan adalah, Produser, Game Designer, Programmer, Artist (2D/ 3D tergantung jenis game), dan Sound Engineer.
Game Developer adalah Bisnis yang menyenangkan tetapi tidaklah mudah karena memiliki banyak persaingan, walaupun begitu bisnis ini juga memiliki lebih banyak peluang daripada bisnis lain. Sebagai contoh, Game Developer yang saat ini sudah sangat terkenal adalah Gameloft. Perusahaan Game Developer dari perancis tersebut telah mendirikan cabangnya di Yogyakarta, dan banyak Mahasiswa Amikom yang mencari pengalaman dengan bergabung di Gameloft. Perusahaan tersebut dapat memperoleh keuntungan hingga Jutaan Dollar untuk satu game yang diproduksinya.
Di Indonesia juga ada suatu perusahaan Game Developer yang sudah cukup terkenal yang didirikan di Bandung dengan nama Agate. Pada awalnya, Agate pernah mengalami masa-masa sulit di mana game mereka tidak laku terjual sama sekali. Tetapi sekarang, Game-game yang mereka produksi sudah berada pada kelas yang sama dengan Game Developer internasional ternama seperti Gameloft.
Bisnis Game Developer tidak memiliki batasan, karena kita dapat menciptakan game untuk berbagai macam platform. Game yang biasanya dijual menggunakan  CD atau DVD adalah game-game untuk PC, PS, Xbox, dan lain sebagainya. Sementara game-game yang lebih sering dijual melalui internet market adalah game untuk Mobile Phone terutama bagi platform yang sedang booming saat ini, Android dan iOS.  

Prinsip Dasar Game Theory yang Ditemukan

Dalam peperangan
Game theory juga punya aturan main (The Role Of Game) kjetika kita membuat senjata maka akan di habisi. Artinya adalah peperangan itu memliki dua pilihan yaitu kalah dan menang inilah yang di pertaruhkan dalam peperangan, kita bisa lihat bagaimana Amerika Serikat mampu mengalahkan Irak dengan mengunakan Game Theory dengan memunculkan Isu bahwa Irak Punya senjata pemusnah massal, dan ini selalu isu ini di munculkan melalui saluran media ke permukaan.
Didalam para diplomat
Dalam mencapai keputusan keputusan politik. Artinya adalah, game theory yang di ciptakan oleh para diplomat adalah dengan melakukan penawaran atas kerjasama politik, Para diplomat initinya punya strategi untuk memperjunagkan kepentinganya melalui negosiasi, Lobby politik, dengan cara propoganda, persuasif.
Ketika para elit politik mendekati pemilihan kampanye
Menjadi calon untuk menjadi kepala daerah atau menjadi presiden atau menjadi wali nagari maka mereka akan mengunakan jurus sebelas penjuru mata angin, Dengan cara mendekati pemilih ketika pemilu.  Para calon pemimpin yang ingin duduk di bangku kekuasaan mereka akan mencoba melihat apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, ini bisa kita lihat dalam sistem politik indonesia ada tuntutan (input) dan ada dukungan (output) ketika tuntutan di penuhi seperti mendapatkan materi atau lain lain.
Di dalam Geme theory juga ada yang namanya koalisi permainan dalam permainan, dan ini sejalan dengan konflik dan sekali lagi tidak bisa di pungkiri dan selalu ada di dalam permainanan.

Unsur Dasar dari Konsep Game Theory


Teori permainan dapat diterapkan dalam berbagai bidang, meliputi kemiliteran, bisnis, social, ekonomi dan ekologi. Sebagai contoh pada dunia bisnis, seorang direktur suatu perusahaan didalam memperkenalkan sebuah produk baru berusaha mengetahui kemungkinan strategi paling baik atau suatu kombinasi strategi untuk merebut market share yang lebih besar, sementara saingannya juga mencoba meperkenalkan produk sejenis dengan strategi yang berbeda dengan direktur pemasaran tersebut, antara lain: penurunan harga, pemberian hadiah, peningkatan mutu produk, memilih media advertasi yang efektif. Disinilah peranan teori permainan untuk menentukan strategi mana yang akan diputuskan oleh dirktur pemasaran tersebut untuk merebut pasar. Persaingan yang dicontohkan diatas dapat diidentifikasi untuk menjelaskan konsep teori permainan yang terdiri dari beberapa unsur-unsur dasar, yaitu:

  1. Angka-angka dalam matriks pay-off, atau biasa disebut matriks permainan, menunjukkan hasil-hasil (pay-off) dari strategi–strategi permainan yang berbeda-beda, hasil-hasil ini dinyatakan dalam suatu bentuk ukuran efektifitas seperti uang, persentase market share, atau utilitas.
  2. Maximizing player adalah pemain yang berada di baris dan yang memenangkan/memperoleh keuntungan permainan, sedangkan minimizing player adalah pemain yang berada di kolom dan yang menderita kekalahan / kerugian.
  3. Strategi permainan adalah rangkaian kegiatan atau rencana yang menyeluruh dari seorang pemain, sebagai reaksi atas perilaku pesaingnya. Dalam hal ini, strategi atau rencana tidak dapat dirusak oleh pesaing lainya.
  4. Aturan-aturan permainan adalah pola dimana para pemain memilih strategi.
  5. Nilai permainan adalah hasil pay-off yang diperkirakan oleh pemain sepanjang rangkaian permainan dimana masing-masing pemain menggunakan strategi terbaiknya. Permainan dikatakan adil apabila nilai permainan sama dengan nol dan sebaliknya.
  6. Dominan adalah kondisi dimana pemain dengan setiap pay-offnya dalam strategi superior terhadap setiap pay-off yang berhubungan dalam suatu strategi alternative. Aturan dominan digunakan untuk mengurangi ukuran matriks pay-off dan upaya perhitungan.
  7. Strategi optimal adalah kondisi dimana dalam rangkaian kegiatan permainan seorang pemain berada dalam posisi yang paling menguntungkan tanpa menghiraukan kondisi pesaingnya.
  8. Tujuan dari model adalah mengidentifikasi strategi atau rencana optimal untuk setiap pemain.

Konsep dan Sejarah Game Theory


Konsep Game Theory

Ketika kita berbicara tentang game theory maka secara sederhana dapat di artikan bagaimana starategi taktik , siyasat atau taktik untuk mengalahkan lawan tujuanya adalah satu yaitu kemenangan, tidak ada pemain yang ingin kalah, tujuannya adalah supaya negara yang menang di hargai di mata dunia.

Namun yang jelas yang menjadi pertanyaan kemudian adalah siapa sebagai aktor pemainnya? Adalah negara dalam politik internasional, dan punya aturan main (The Role Of Game) ketika kita membuat senjata maka resikonya adalah kita akan di serang dan akan di habisi oleh bangsa lain, seekedar mencontohkan negara Iran ketika membuat nuklir maka siap diperangi sama halnya dengan Irak.

Sejarah Game Theory

Adapun yang menjadi pertanyaan yang disampaikan tadi, seperti apa sejarah atau yang melatar belakangi lahirnya Game theory adalah muncul akibat pengaruh Behavioral  yang mengebu ngebu yaitu dalam rangka semangat Behavioralime. Dalam permainan tidak bisa kita pungkiri dan tidak bisa di nafikan di dalam Game ada konflik , yang namanya lembaga indevenden selalu mendapat keuntungan sesaat dan yang jelas masing  masing  mereka ingin mengalahkan lawan politiknya, dan keputusan yang akan di buat dan diambil game theory.

Di dalam sejarahnya Game Theory akhirnya juga mendapat kritikan dari golongan Posmodernisme adalah karena tidak memamakai nilai  etika dan norma dan berfikir terburu bur sehinga tidak rasional, mendahulukan kapitalisme Universalisme dan pragmatis hnya mencari keuntungan berbeda dengan pemikiran Plato yang lebih taradisional penuh dnegan kebajikan yang mulia yang di utamakan.
https://rizkiekasatria.wordpress.com/2011/02/25/game-developer/

Unsur-unsur Pada Game Theory

        Ada beberapa unsur atau konsep dasar yang sangat penting dalam penyelesaian setiap kasus dengan teori permainan. Berikut penjelassan selengkapnya :
  1. Jumlah Pemain
Permainan diklasifikasikan menurut jumlah kepentingan atau tujuan yang ada dalam permainan tersebut. Dalam hal ini perlu dipahami, bahwa pengertian “jumlah pemain” tidak selalu sama artinya dengan “jumlah Orang” yang terlibat dalam permainan. jumlah pemain disini berarti jumlah kelompok pemain berdasarkan masing-masing kepentingan atau tujuannya. Dengan demikian dua orang atau lebih yang mempunyai kepentingan yang sama dapat diperhitungkan sebagai satu kelompok pemain.
  1. Ganjaran / Pay-off
Ganjaran / pay-off adalah hasil akhir yang terjadi pada akhir permainan berkenaan dengan ganjaran ini, permainan digolongkan menjadi 2 macam kategori, yaitu permainan jumlah-nol (zero-sum games) dan permainan jumlah-bukan-nol (non-zero-sum games). permainan jumlah-nol terjadi jika jumlah ganjaran dari seluruh pemain adalah nol, yaitu dengan memperhitungkan setiap keuntungan sebagai bilangan positif dan setiap kerugian sebagai bilangan negatif. Selain dari itu adalah permainan jumlah – bukan-nol. Dalam permainan jumlah-nol setiap kemenangan bagi suatu pihak pemain merupakan kekalahan bagi pihak pemain lain. letak arti penting dari perbedaan kedua kategori permainan berdasarkan ganjaran ini adalah bahwa permainan jumlah-nol adalah suatu sistem yang tertutup. Sedangkan permainan jumlah-bukan-nol tidak demikian halnya. Hampir semua permainan pada dasarnya merupakan permainan jumlah-nol. Berbagai situasi dapat dianalisis sebagai permainan jumlah-nol.
  1. Strategi Permainan
Strategi permainan dalam teori permainan adalah suatu siasat atau rencana tertentu dari seorang pemain, sebagai reaksi atas aksi yang mungkin dilakukan oleh pemain yang menjadi saingannya. permainan diklasifikasikan menurut jumlah strategi yang tersedia bagi masing-masing pemain. Jika pemain pertama memiliki m kemungkinan strategi dan pemain kedua memiliki n kemungkinan strategi, maka permainan tersebut dinamakan permainan m x n. letak arti penting dari perbedaan jenis permainan berdasarkan jumlah strategi ini adalah bahwa permainan dibedakan menjadi permainan berhingga dan permainan tak berhingga. Permainan berhingga terjadi apabila jumlah terbesar dari strategi yang dimiliki oleh setiap pemain berhingga atau tertentu, sedangkan permainan tak berhingga terjadi jika setidak-tidaknya seorang pemain memiliki jumlah strategi yang tak berhingga atau tidak tertentu.
  1. Matriks Permainan
Setiap permainan yang dianalisis dengan teori permainan selalu dapat disajikan dalam bentuk sebuah matriks permainan. matriks permainan disebut juga matriks ganjaran yaitu sebuah matriks yang semua unsur berupa ganjaran dari para pemain yang terlibat dalam permainan tersebut. Baris-barisnya melambangkan strategi –strategi yang dimiliki pemain pertama, sedangkan kolom-kolomnya melambangkan strategi-strategi yang dimiliki pemain lain. dengan demikian, permainan berstrategi mxn dilambangkan dengan matriks permainan m x n . Teori permainan berasumsi bahwa strategi yang tersedia bagi masing-masing pemain dapat dihitung dan ganjaran yang berkaitan dengannya dapat dinyatakan dalam unit, meskipun tidak selalu harus dalam unit moneter. Hal ini penting bagi penyelesaian permainan, yaitu untuk menentukan pilihan strategi yang akan dijalankan oleh masing-masing pemain, dengan menganggap bahwa masing masing pemain berusaha memaksimumkan keuntungannya yang minimum (maksimin) atau meminimumkan kerugiannya yang maksimum (minimaks). Nilai dari suatu permainan adalah ganjaran rata-rata / ganjaran yang diharapkan dari sepanjang rangkaian permainan, dengan menganggap kedua pemain selalu berusaha memainkan strateginya yang optimum.
  1. Titik Pelana (Saddle Poin)
Titik pelana adalah suatu unsur didalam matriks permainan yang sekaligus sebagai maksimin baris dan minimaks kolom. permainan dikatakan bersaing ketat (Strictly determined) jika matriksnya memiliki titik pelana. Strategi yang optimum bagi masing-masing pemain adalah strategi pada baris dan kolom yang mengandung titik pelana tersebut. dalam hal ini baris yang mengandung titik pelana merupakan strategi optimum bagi pemain pertama, sedangkan kolom yang mengandung titik pelana merupakan strategi optimum bagi pemain lain. Langkah pertama penyelesaian sebuah matriks permainan adalah memeriksa ada atau tidaknya titik pelana. Bila terdapat titik pelana permainan dapat segera dianalisis untuk diselesaikan.

Game Theory Menurut Para Ahli


Menurut Dimiyati (1992), teori permainan (game theory) adalah bagian dari ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pembuatan keputusan pada saat ada dua pihak atau lebih berada dalam kondisi persaingan atau konflik. Pihak-pihak yang bersaing ini diasumsikan bersifat rasional dan cerdas, artinya masing-masing pihak akan melakukan strategi tindakan yang rasional untuk memenangkan persaingan itu, dan masing-masing pihak juga mengetahui strategi pihak lawannya. Selanjutnya pihak ini disebut pemain.

Menurut Ayu (1996), game theory merupakan suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi persaingan dan konflik antara berbagai kepentingan. Game theory melibatkan dua atau lebih pengambil keputusan atau yang disebut pemain. Setiap pemain dalam game theory mempunyai keinginan untuk menang.

Tujuan teori ini adalah menganalisa proses pengambilan keputusan dari persaingan yang berbeda-beda dan melibatkan dua atau lebih pemain/kepentingan. Kegunaan dari teori permainan adalah metodologi yang disediakan untuk menstruktur dan menganalisa masalah pemilihan strategi. Menggunakan teori permainan, maka langkah pertama adalah menentukan secara explicit pemain, strategi yang ada, dan juga menentukan preferensi serta reaksi dari setiap pemain.

Terdapat dua jenis strategi permainan yang dapat digunakan pada game theory, yaitu pure strategy (setiap pemain mempergunakan strategi tunggal) dan mixed strategy (setiap pemain menggunakan campuran dari berbagai strategi yang berbeda-beda). Pure strategy digunakan untuk jenis permainan yang hasil optimalnya mempunyai saddle point (semacam titik keseimbangan antara nilai permainan kedua pemain). Sedangkan mixed strategy digunakan untuk mencari solusi optimal dari kasus game theory yang tidak mempunyai saddle point.
https://rizkiekasatria.wordpress.com/2011/02/25/game-developer/