Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

Image Widget

Image Widget

Komponen Rendering

Jumat, 13 November 2015


          Kali ini saya akan membahas mengenai Rendering. Rendering merupakan sebuah sub topik utama dalam komputer grafis 3D. Rendering biasa digunakan pada game programming, bisa juga digunakan untuk arsitektur, simulator, dan movie atau special effect yang ada pada televisi. Dalam penggunaan rendering yang berbeda, masing-masing menggunakan keseimbangan yang berbeda fitur dan teknik. Sebagian diintegrasikan kedalam paket permodelan dan animasi yang lebih besar. Rendering sudah banyak digunakan oleh orang yang bekerja dalam bidang design untuk pembuatan gambar maupun video.

          Terdapat 5 komponen utama dalam melakukan proses untuk menghasilkan rendering dua dimensi dari objek-objek 3D. komponen tersebut sebagai berikut :

  1. Geometri
    Geometri identik dengan grafik dua dimensi. Definisinya adalah besaran rotasi suatu garis dari satu titik pangkal ke posisi yang lain. Geometri merupakan gambaran untuk dasar pembuatan bidang.
  2. Kamera
    Dalam grafis 3D, sudut pandang yang dilihat berasal dari kamera. Kamera disini hanya sebagai penentu untuk sudut pandang pada sebuah world, sehingga sering disebut sebagai virtual camera. Kamera sendiri memiliki faktor dari segi lokasi dan arah pandang kamera. Pada kamera ada istilah Field Of View, yang merupakan grafika 3D berbentuk piramida pada layar monitor yang berbentuk persegi. Objek yang terdapat pada field tersebut, jika dilihat pada monitor hanya akan terlihat objek yang berada didalam field, sedangkan objek diluar field tidak terlihat pada monitor. Field of view ini sangat penting dalam proses rendering.
  3. Cahaya
    Komponen yang tak kalah penting adalah cahaya. Sumber cahaya pada grafik 3D sangat berpengaruh dalam proses rendering. Sumber cahaya yang membuat sebuah grafik menjadi terlihat nyata dengan adanya bayangan dari objek 3D itu sendiri. Sumber cahaya pada 3D pun terdapat beberapa macam seperti point light, spotlight, ambient light, area light, directional light, dan paralel point. Hal yang diperhatikan saat melakukan pengambilan gambar dengan adanya sumber cahaya, memerlukan lokasi, intensitas cahaya, dan warna yang menarik atau pas dengan sumber, agar menghasilkan grafik yang sempurna.
  4. Karakteristik Permukaan
    Karakteristik permukaan pada sebuah objek merupakan sifat dari permukaan sebuah objek. Karateristik tersebut berupa, warna, tekstur, sifat permukaan, refleksitas, transparansi, dll. Saat rendering, warna dalam sebuah objek tergantung pada warna dari karakteristik permukaan dan warna cahaya.
  5. Algoritma Rendering
    Merupakan prosedur pada suatu program untuk melakukan perhitungan dalam menghasilkan citra 2D dari data 3D. Kebanyak algoritma rendering menggunakan pendekatan scan line yang melihat program dari setiap pixel, satu per satu, secara horizontal, dan menghitung warna pixel tersebut.

          Semoga yang saya tulis dapat membantu teman-teman sekalian. Maaf jika ada kesalahan dalam penulisan. God Bless J
http://bukanbasoo.blogspot.co.id/2010/10/grafik-3d-dan-2d.htmlhttp://rickyeagle4.blogspot.co.id/2011/10/rendering.html

0 komentar:

Posting Komentar