A. Teknologi
Game
Sebuah game sudah
menjadi hal yang sangat digemari oleh masyarakat, dari yang masih anak-anak
hingga orang dewasa pun masih suka bermain game, baik itu game pada PC atau
laptop dan yang lebih mudah menggunakan handphone. Dalam artian lain, game
adalah sebuah sistem dimana pemain yaitu user terlibat dalam suatu konflik
buatan. Game yang bertujuan untuk penghibur, terutama bagi anak-anak yang
sangat menyukainya.
Perkembangan zaman
membuat game pun menjadi berkembang, dari bentuk game sampai tampilan game yang
sangat menarik. Game generasi pertama pada tahun 1952 dengan game yang bernama
OXO seperti permainan yang Indonesia mainkan yaitu SOS yang dikembangkan di
luar negeri menjadi tic-tac-toe. Game
terus menerus berkembang hingga saat ini sampai di masa yang akan datang.
Setelah game tic-tac-toe muncullah
video game. Perubahan game zaman dulu dan sekarang sangatlah berbeda, terutama
pada tampilan visual yang diberikan, dengan tampilan 3D bahkan 4D dapat
dirasakan pada zaman sekarang.
B. Bisnis
dalam Game Komputer
Game bukan hanya
sebagai hiburan dengan berbagai variasi game yang diberikan, tetapi sudah masuk
dalam dunia bisnis. Namun, game dapat di akses secara online, baik secara
berbayar maupun secara free. Seperti game yang berbayar, hampir seperti
berbisnis, dimana pembeli membeli game tersebut karena fitur yang diberikan pun
memuaskan. Perkembangan lainnya dari adanya warung internet atau yang biasa
disebut warnet, dengan menggunakan sistem online menggunakan PC dengan specs
yang cocok untuk digunakan dalam game yang memakan banyak memori. Tidak hanya
di warung internet, di rumah pun dapat menggunakan laptop, karena banyak juga
game online yang ringan dan dapat di mainkan di tempat manapun.
Contoh untuk bisnis dalam game komputer itu beragam. Seperti kita
dituntut melakukan pembayaran untuk game tersebut. Maksud dari pembayaran ini
adalah bagaimana perusahaan game online mendapatkan uang dari gamesnya.
Bedasarkan kategori ini games online dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
1.
Pay Per Item, game yang berada pada category ini merupakan
game yang bisa diinstall atau dimainkan secara gratis, dan game ini biasanya
mengenakan biaya pada pemainnya apabila pemainnya ingin cepat menaikkan level
atau membeli barang (item) langka yang tidak pernah dijumpai pada permainan.
Jenis game seperti ini yang paling dijumpai di Indonesia. Contoh: Gunbound,
Ragnarok, Ghost Online, dan lain sebagainya.
2.
Pay per Play, game ini harus dibeli dan diinstal secara legal
karena pada saat diinstal game terebut akan mendaftarkan pemain ke internet
langsung dan apabila yang diinstal adalah program bajakan maka secara otomatis
system akan memblokirnya. Contoh: The Division, Fifa, dan lain sebagainya.
C. 3D
Engine dan Scene Graph
3D Engine merupakan
perangkat lunak yang digunakan untuk menciptakan dan mengembangkan gambar 3D.
Scene graph merupakan grafik yang mepresentasikan geometri, materil, dan
pencahayaan. Sehingga scene graph adalah inti dari Java3D. Ada tiga tahap
fundamental yang diperlukan untuk menghasilkan objek 3D, yaitu :
1. Menciptakan
objek Canvas3D
2. Menciptakan
sebuah scene graph
3. Menghubungkan
objek Canvas3D ke objek BanchGroup yang menunjuk root dari scene graph.
Ogre
3D
OGRE
atau Objected-Oriented Graphics Rendering Engine merupakan engine yang object
oriented dan flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis dengan
menggunakan bahasa C++. Tampilan abstrak pada Ogre menggunakan system library
seperti Direct3 dan OpenGL. Ogre3D adalah game engine yang cukup baik untuk
digunakan karena mudah digunakan karena kaya fitur.
Processing
Processing
adalah bahasa pemograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source
yang digunakan untuk memprogram gambar, aniasi, dan interaksi. Processing
mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan metodologi
pengajaran ke dalam system terpadu.
Game
Maker
Game
Maker adalah software yang bisa membantu pengembangan game computer tanpa
menggunakan coding, dapat digunakan untuk membuar 3 dimensi dan multiplayer.
D. Desain
Skenario, Script, dan Storyboard Game Komputer
Skenario
merupakan urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu kejadian terjadi
sesuai yang diinginkan. Dalam game, scenario adalah cerita khusus yang
melatarbelakangi kejadian-kejadian dalam game. Desain scenario pun harus
memiliki konsep yang akan menjadi gambaran tentang cerita yang akan disusun.
Script
dalam program merupakan sebuah urutan intruksi yang dilakukan program lain
dibandingkan oleh komputer prossesor. Script itu sendiri semacam bahasa
pemrogaman dalam tingkat kesulitan yang rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi
interpreter. Script juga merupakan kumpulan sintaks bahasa pemrograman yang
siap untuk di-compile.
Storyboard
adalah sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah, dan dari
storyboard tersebut kita dapat menyampaikan ide cerita kepada orang lain dengan
mudah. Storyboard saat ini banyak digunakan untuk membuat kerangka pembuatan
website dan proyek media interaktif. Storyboard dalam game terdapat goal atau
mission yang dibuat pada game sendiri. Lalu storyboard pada game akan
menjelaskan tentang alur permainan itu sendiri tergantung dari jenis game.
E. Artificial
Intelligence pada Game
Kecerdasan buatan pada
game sudah sangat meningkat, dimana kecerdasan baru yang diciptakan semakin
meningkatkan minat user atau pengusaha untuk melakukan bisnis dengan menggunakan
teknologi yang semakin canggih. Pembuat game pun saat ini terdiri dari berbagai
usia, di jepang anak muda pun sudah mampu untuk membuat sebuah robot yang dapat
membantu pekerjaan manusia. Begitu pula di negara kita Indonesia, seperti beberapa
siswa yang membuat sebuah mobil dengan bahan bakar yang sangat mudah di
dapatkan. Bukan hanya robot, banyak kecerdasan buatan yang dapat dibuat,
contohnya seperti game. Berbagai jenis game semakin bermunculan di era
sekarang, baik itu sebuah arcade, ataupun game ringan yang bisa dimainkan anak
kecil. Kelebihan setiap game yang diberikan berbeda-beda sesuai dengan ukuran
maupun tampilan yang diberikan game tersebut.
F. Arsitektur
Game Engine
Arstektur game engine
adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan da pengembangan
video game. Dapat dikatakan bahwa arsitektur game itu adalah rancangan dari system
perangkat lunak dari game itu sendiri.
Sumber :
Celotehan Mahasiswa.
2016. “Penjelasan Tentang Desain Skenario, Script, dan Storyboard dalam
Pembuatan Game”. Tersedia : http://vanillabluse.blogspot.co.id/2016/03/penjelasan-tentang-desain-skenario.html.
[Diakses 18 Maret 2017].
Kikitriratnasari. 2012.
“Arti Suatu Game”. Tersedia : http://kikitriratnasari.blogspot.co.id/2012/03/arti-dari-suatu-game.html.
[Diakses 19 Maret 2017].
Dunia Internet. “Menelusuri
Sejarah dan Perkembangan Teknologi Game di Dunia”. Tersedia : https://www.klikmania.net/sejarah-dan-perkembangan-teknologi-game/.
[Diakses 19 Maret 2017]
Setya Aji, Dimas. 2016.
“Pengantar Teknologi Game”. Tersedia : http://www.kamu-info.web.id/2016/03/pengantar-teknologi-game.html.
[Diakses 19 Maret 2017]
0 komentar:
Posting Komentar