Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

Image Widget

Image Widget

Game Engine

Sabtu, 18 Maret 2017

A.    Teknologi Game
Sebuah game sudah menjadi hal yang sangat digemari oleh masyarakat, dari yang masih anak-anak hingga orang dewasa pun masih suka bermain game, baik itu game pada PC atau laptop dan yang lebih mudah menggunakan handphone. Dalam artian lain, game adalah sebuah sistem dimana pemain yaitu user terlibat dalam suatu konflik buatan. Game yang bertujuan untuk penghibur, terutama bagi anak-anak yang sangat menyukainya.
Perkembangan zaman membuat game pun menjadi berkembang, dari bentuk game sampai tampilan game yang sangat menarik. Game generasi pertama pada tahun 1952 dengan game yang bernama OXO seperti permainan yang Indonesia mainkan yaitu SOS yang dikembangkan di luar negeri menjadi tic-tac-toe. Game terus menerus berkembang hingga saat ini sampai di masa yang akan datang. Setelah game tic-tac-toe muncullah video game. Perubahan game zaman dulu dan sekarang sangatlah berbeda, terutama pada tampilan visual yang diberikan, dengan tampilan 3D bahkan 4D dapat dirasakan pada zaman sekarang.
B.     Bisnis dalam Game Komputer
Game bukan hanya sebagai hiburan dengan berbagai variasi game yang diberikan, tetapi sudah masuk dalam dunia bisnis. Namun, game dapat di akses secara online, baik secara berbayar maupun secara free. Seperti game yang berbayar, hampir seperti berbisnis, dimana pembeli membeli game tersebut karena fitur yang diberikan pun memuaskan. Perkembangan lainnya dari adanya warung internet atau yang biasa disebut warnet, dengan menggunakan sistem online menggunakan PC dengan specs yang cocok untuk digunakan dalam game yang memakan banyak memori. Tidak hanya di warung internet, di rumah pun dapat menggunakan laptop, karena banyak juga game online yang ringan dan dapat di mainkan di tempat manapun.
Contoh untuk bisnis dalam game komputer itu beragam. Seperti kita dituntut melakukan pembayaran untuk game tersebut. Maksud dari pembayaran ini adalah bagaimana perusahaan game online mendapatkan uang dari gamesnya. Bedasarkan kategori ini games online dapat dibedakan menjadi 2 yaitu: 
1.      Pay Per Item, game yang berada pada category ini merupakan game yang bisa diinstall atau dimainkan secara gratis, dan game ini biasanya mengenakan biaya pada pemainnya apabila pemainnya ingin cepat menaikkan level atau membeli barang (item) langka yang tidak pernah dijumpai pada permainan. Jenis game seperti ini yang paling dijumpai di Indonesia. Contoh: Gunbound, Ragnarok, Ghost Online, dan lain sebagainya.
2.      Pay per Play, game ini harus dibeli dan diinstal secara legal karena pada saat diinstal game terebut akan mendaftarkan pemain ke internet langsung dan apabila yang diinstal adalah program bajakan maka secara otomatis system akan memblokirnya. Contoh: The Division, Fifa, dan lain sebagainya.
C.     3D Engine dan Scene Graph
3D Engine merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menciptakan dan mengembangkan gambar 3D. Scene graph merupakan grafik yang mepresentasikan geometri, materil, dan pencahayaan. Sehingga scene graph adalah inti dari Java3D. Ada tiga tahap fundamental yang diperlukan untuk menghasilkan objek 3D, yaitu :
1.      Menciptakan objek Canvas3D
2.      Menciptakan sebuah scene graph
3.      Menghubungkan objek Canvas3D ke objek BanchGroup yang menunjuk root dari scene graph.
Ogre 3D
OGRE atau Objected-Oriented Graphics Rendering Engine merupakan engine yang object oriented dan flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis dengan menggunakan bahasa C++. Tampilan abstrak pada Ogre menggunakan system library seperti Direct3 dan OpenGL. Ogre3D adalah game engine yang cukup baik untuk digunakan karena mudah digunakan karena kaya fitur.
Processing
Processing adalah bahasa pemograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source yang digunakan untuk memprogram gambar, aniasi, dan interaksi. Processing mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan metodologi pengajaran ke dalam system terpadu.
Game Maker
Game Maker adalah software yang bisa membantu pengembangan game computer tanpa menggunakan coding, dapat digunakan untuk membuar 3 dimensi dan multiplayer.
D.    Desain Skenario, Script, dan Storyboard Game Komputer
Skenario merupakan urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu kejadian terjadi sesuai yang diinginkan. Dalam game, scenario adalah cerita khusus yang melatarbelakangi kejadian-kejadian dalam game. Desain scenario pun harus memiliki konsep yang akan menjadi gambaran tentang cerita yang akan disusun.
Script dalam program merupakan sebuah urutan intruksi yang dilakukan program lain dibandingkan oleh komputer prossesor. Script itu sendiri semacam bahasa pemrogaman dalam tingkat kesulitan yang rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi interpreter. Script juga merupakan kumpulan sintaks bahasa pemrograman yang siap untuk di-compile.
Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah, dan dari storyboard tersebut kita dapat menyampaikan ide cerita kepada orang lain dengan mudah. Storyboard saat ini banyak digunakan untuk membuat kerangka pembuatan website dan proyek media interaktif. Storyboard dalam game terdapat goal atau mission yang dibuat pada game sendiri. Lalu storyboard pada game akan menjelaskan tentang alur permainan itu sendiri tergantung dari jenis game.
E.     Artificial Intelligence pada Game
Kecerdasan buatan pada game sudah sangat meningkat, dimana kecerdasan baru yang diciptakan semakin meningkatkan minat user atau pengusaha untuk melakukan bisnis dengan menggunakan teknologi yang semakin canggih. Pembuat game pun saat ini terdiri dari berbagai usia, di jepang anak muda pun sudah mampu untuk membuat sebuah robot yang dapat membantu pekerjaan manusia. Begitu pula di negara kita Indonesia, seperti beberapa siswa yang membuat sebuah mobil dengan bahan bakar yang sangat mudah di dapatkan. Bukan hanya robot, banyak kecerdasan buatan yang dapat dibuat, contohnya seperti game. Berbagai jenis game semakin bermunculan di era sekarang, baik itu sebuah arcade, ataupun game ringan yang bisa dimainkan anak kecil. Kelebihan setiap game yang diberikan berbeda-beda sesuai dengan ukuran maupun tampilan yang diberikan game tersebut.
F.      Arsitektur Game Engine
Arstektur game engine adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan da pengembangan video game. Dapat dikatakan bahwa arsitektur game itu adalah rancangan dari system perangkat lunak dari game itu sendiri.

Sumber :
Celotehan Mahasiswa. 2016. “Penjelasan Tentang Desain Skenario, Script, dan Storyboard dalam Pembuatan Game”. Tersedia : http://vanillabluse.blogspot.co.id/2016/03/penjelasan-tentang-desain-skenario.html. [Diakses 18 Maret 2017].
Kikitriratnasari. 2012. “Arti Suatu Game”. Tersedia : http://kikitriratnasari.blogspot.co.id/2012/03/arti-dari-suatu-game.html. [Diakses 19 Maret 2017].
Dunia Internet. “Menelusuri Sejarah dan Perkembangan Teknologi Game di Dunia”. Tersedia : https://www.klikmania.net/sejarah-dan-perkembangan-teknologi-game/. [Diakses 19 Maret 2017]

Setya Aji, Dimas. 2016. “Pengantar Teknologi Game”. Tersedia : http://www.kamu-info.web.id/2016/03/pengantar-teknologi-game.html. [Diakses 19 Maret 2017]


0 komentar:

Posting Komentar